Nggak mau ketinggalan artikel baru Blogger-Holic? Subscribe Sekarang
Hot Categories: Blogger News | Hack | SEO | Tips | Tutorial | more

Mengenal Lebih Dekat dengan RSS

5.5.08 | 4 comments

Masih berhubungan dengan 1 Mei RSS Awareness Day. Kali ini saya akan membahas lebih jauh tentang RSS. Barangkali aja masih ada yg bertanya-tanya "RSS itu apa sih?" atau "apa sih gunanya RSS?".

Kita semua pasti memiliki website atau blog favorit yg sering dikunjungi. Nah, gimana kalo website tersebut berjumlah puluhan bahkan ratusan. Kan ngga mungkin kita buka satu-persatu. Terlalu memakan waktu dan tentunya engga efisien.

Di sinilah RSS datang sebagai penolong. Kegunaan utama RSS membuat kita tetap terhubung Mengenal Lebih Dekat dengan RSS kamu akan menerima informasi ketika website itu meng-update atau mengeluarkan artikel baru. Bagaimana cara berlangganan RSS? Kebanyakan website atau blog memberikandengan website atau blog favorit kita tersebut. Dengan berlangganan pada RSS mereka, otomatis kemudahan bagi pembacanya untuk berlangganan RSS dengan memasang ikon berwarna orange. Ikon berwarna orange ini merupakan ikon standard RSS. Bisa aja kamu menemukan ikon yg berbeda pada suatu website.

Sebelum kamu berlangganan, kamu harus memiliki RSS Reader terlebih dahulu. Biasanya, kebanyakan bagian toolbar web browser saat ini dapat digunakan sebagai RSS reader. Saya sendiri mengunakan Mozilla Firefox. Selain itu, di era Web 2.0 ini, kamu dapat menggunakan start page (personalized homepage) yg biasanya memiliki RSS Reader pula. Start page yg bisa kamu gunakan diantaranya:

1. Pageflakes
2. Netvibes
3. iGoogle
4. MyYahoo
5. Windows Live

Sekarang kamu siap menggunakan RSS feed. Kamu bisa langsung ter-update dengan tinggal ngeliat RSS feed ini tanpa harus ngunjungin langsung website favorit kamu.

4 comments:

  1. Good explanation on RSS. Thanks. :)

    ReplyDelete
  2. you're welcome :)

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya,
    Benar-benar guru yang baik.

    ReplyDelete
  4. saya di bilang guru..? hahahaha

    engga' lah, toh kita sama2 blajar. btw, ini Nauval yg kmaren mnta tukeran link ya...?

    ReplyDelete