Nggak mau ketinggalan artikel baru Blogger-Holic? Subscribe Sekarang
Hot Categories: Blogger News | Hack | SEO | Tips | Tutorial | more

Apa itu Google Pagerank?

26.6.12 | 30 comments

Apa itu Google Pagerank?

Internet merupakan tempat yang sangat luas. Banyak sekali informasi yang tersebar dalam kumpulan awan yang sangat besar ini. Ketika ingin mencari sesuatu, kita hanya perlu membuka website search engine. Masukkan keyword yang dicar, tekan enter, dan voila, hasil pencarian pun akan muncul. Gampang banget kan?

Tapi di balik kemudahannya tersebut, tahu ga kalau seach ini menggunakan sistem perhitungan menggunakan algoritma-algoritma untuk menampilkan hasil pencarian tersebut. Google, sebagai salah satu mesin pencari terbesar di jagat internet, tentunya juga memerlukan algoritma dalam melakukan pencarian. Algoritma yang mereka pakai diberi nama Pagerank. Pagerank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin.

Google Pagerank bekerja dengan memberi bobot angka antara 0-10 pada setiap halaman di internet berdasarkan jumlah dan kualitas link yang merujuk pada halaman tersebut. Pagerank ini biasanya diupdate 3 bulan sekali. Terakhir update Google Pagerank terjadi saat tulisan ini dibuat adalah pada bulan Mei 2012. Sebagai contoh, Google memiliki Pagerank 9, Yahoo juga memiliki Pagerank 9, blog blogger-holic memiliki Pagerank 3, dan web ini belum meiliki Pagerank alias Pagerank-nya masih 0. :D
Apa itu Google Pagerank?
Pagerank seringkali menjadi kejaran para pemilik website. Pagerank seringkali menjadi buruan ketika sedang mencari dollar dari website. Misalnya dengan berjualan link. Web dengan Pagerank tinggi seringkali dijadikan tempat untuk berjualan link bagi web lain yang ingin mendapat link dari web ber-pagerank tinggi. Hal ini tentu tidak sejalan dengan fungsi pagerank sebenarnya.

Google tentunya tidak menyukai hal seperti ini. Akhirnya Google mulai 'menyembunyikan' nilai pagerank web dengan memberikan waktu delay terhadap pagerank yang muncul ke publik. Bahkan ada rumor yang beredar kalau Google telah berhenti menggunakan Pagerank.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa Pagerank jangan dijadikan acuan. Yang pertama, perkembangan social media yang pesat menyebabkan informasi mengalir dengan cepat sehingga informasi yang muncul bisa lebih beragam dan lebih update. Maka bukan tidak mungkin web social media didahulukan dalam search engine. Kedua, karena pagerank tidak selalu membuat posisi halaman web kita berada pada bagian paling atas halaman pencarian. Banyak web dengan pagerank 0 dapat menempati posisi halaman pertama. Hal ini bisa saja terjadi ketika keywordnya memang relevan dengan apa yang dicari.

As conclusion, sebaiknya kita tidak terlalu bergantung pada pagerank dan bahkan mengejar pagerank mati-matian. Daripada mengkhawatirkan pagerank, lebih baik fokus untuk membuat content-content yang berkualitas dan bermanfaat dan dengan sendirinya pengunjung pun akan datang ke web kita. Selain itu, manfaatkan pula social media dalam mempromosikan web kita. Facebook dan Twitter adalah beberapa social media yang dapat dimanfaatkan.

That's all.. and keep blogging :D

30 comments:

  1. banyak ilmu dan wawasan yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang pagerank, terimakasih dan salam ukhuwah wahai sauadaraku.

    ReplyDelete
  2. semakin pageranknya besar semakin bagus tuh kualitasnya...huaaalaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhh..
    nice info yaaaaa ;)
    thanks...

    ReplyDelete
  3. sukses terus buat blognya.. bener-bener informatif sekali..

    ReplyDelete
  4. terima kasih buat infonya ,,, sukses terus ya

    ReplyDelete
  5. saya sendiri juga kurang memperhatikan google pagerank ini, yang terpenting bagi saya adalah mendapatkan banyak pengunjung..

    ReplyDelete
  6. memang benar konten adalah raja, so buatlah konten yang orisinil bukan copas, go blogger.

    ReplyDelete
  7. Wah bagus nih artikelnya. Sangat menarik dan inspiratif. Semoga dapat membantu para netizen yang lagi butuh informasi ini. Pokoknya siiip dah. Thanks a million and please carry on the gratifying work.

    ReplyDelete
  8. Teima kasih atas informasi yang telah di berikan.

    ReplyDelete
  9. Sangat beruntung saya bisa berkunjung ke sini,bisa bertambah wawasan.

    ReplyDelete
  10. terkadang karna ambisi dengan pagerangk sampai tak memperhatikan blog atau artikel yang ada..
    sukses buat artikelnya...

    ReplyDelete
  11. intinya gan kalau blog beserta isi dari blog kita itu bagus, maka PR kita bisa cepat naik, itu sih dari saya

    ReplyDelete
  12. gan ane punya blog yang tiap hari terupdate.. traffik udah 20 ribuan tapi page rank masih 0 gimana gan ? apa yang kudu ane lakuin biar page rank blog ane naik? mohon petuahnya

    thanks

    umar bin khattab

    ReplyDelete
  13. cara dunlut google pagerank gan

    ReplyDelete
  14. tulisan bagus. Btw, newbie mau tanya nih. kalau page rank nya tidak terbaca alias #NA, apa ya artinya. Apa ada yang salah? Tks infonya.

    ReplyDelete
  15. kalo mau beli link diindonesia masih bisa ga ya

    ReplyDelete
  16. Thanks sob....
    Balik juga http://blogku-al.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. ooo begitu gan kalau gt caranya saya harus lebih semangat lagi gan untuk mendapatka pagerank blog saya numpang teduh gan
    http://www.cari-alamat.com/

    ReplyDelete
  18. Sukses terus yah buat pagerank blognya agar semakin tinggi .

    ReplyDelete
  19. Kontes SEO 2014 Terbaru Sanggarhost.com – Info Kontes SEO Terdasyat

    Selamat Datang di kontes SEO yang di adakan oleh Sanggarhost.com, dalam rangka memperkenalkan telah hadirnya web hosting garatis di indonesia dengan ini sanggarhost mengadakan kontes seo dengan total hadiah 10.000.000,- segera uji kemampuan seo anda sekarang juga..

    Hadiah Kontes SEO Ini 10juta rinciannya sebagai berikut:

    Juara 1 : Rp 1.000.000 + Domain Com/net/org/biz + Hosting 10 Gb
    Juara 2 : Rp 750.000 + Domain Com/net/org/biz + Hosting 10 Gb
    Juara 3 : Rp 500.000 + Domain Com/net/org/biz + Hosting 5 Gb
    Juara 4 : Rp 100.000 +Hosting 2.5 Gb
    Juara 5 : Rp 100.000 + Hosting 1 Gb
    Juara 6 – 10 : Hosting 500 Mb
    Juara 11 – 20 : Hosting 350 Mb

    Semuan Peserta 21 sampai peserta yang lolos mendapatkan Hosting 2oo Mb

    Kayword yang di konteskan :
    Sanggarhost.com Web Hosting Gratis, Murah, Terbaik dan Berkualitas di Indonesia

    Waktu KOntes :
    Pendaftaran di buka pada tanggal 25 Agustus dan di tutup pada tanggal 25 November 2014. penentuan pemenang tanggal 1 Desember 2014 jam 18.00 Wib

    Info selengkapnya : http://www.sanggarhost.com/kontes-seo

    ReplyDelete
  20. mantap gan jangan lupa kunjungi website kami
    htto://sxsolusi.com

    ReplyDelete