Nggak mau ketinggalan artikel baru Blogger-Holic? Subscribe Sekarang
Hot Categories: Blogger News | Hack | SEO | Tips | Tutorial | more

Nambahin Search Box ke Blog

2.3.08 | 1 comments

Blogger mempunyai Search Box sendiri yang berada pada Navbar Blogger yang terdapat di bagian paling atas blog, jika belum dimodifikasi. Karena berada pada bagian paling atas, terkadang menyulitkan pengunjung yang ingin mencari sebuah artikel. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas trik menyisipkan Search Box ke dalam blog.

Pada HTML/Javascript Element, masukkan kode-kode berikut:

<form id="searchthis" action="/search" style="display:inline;" method="get"><input id="search-box" name="q" type="text" size="30"/><input id="search-btn" value="Go!" type="submit"/></form>
Kamu bisa mengatur panjang-pendek Search Box kamu dengan mengganti Size. Dan dengan mengubah Value, kamu bisa mengubah tulisan pada Search Button-nya.

Save.

Contoh Search Box dengan Size:"30" dan Value="Go!" :



Tambahan aja, kamu juga bisa menggunakan Search Engine-nya Google, baik itu Search Engine milik Google Adsense, maupun Search Engine buatan kamu sendiri.

Kalo kamu bosen sama desain Search Box yg kotak2, ubah aja desainnya menjadi lebih rounded. Baca artikel tentang Mengubah Desain Search Box.

Update:
Blogger mengeluarkan Search widget resmi mereka. Karena masih dalam tahap percobaan, widget ini ditampung dulu dalam Blogger in Draft.

1 comment:

  1. makasih tutorialnya bos membantu banget
    kunjungi blog saya ya

    ReplyDelete